AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Menampilkan Status Twitter Dengan Adobe Flash CS5

By. AlgoritmaNews - Widget Status Twitter memang sudah tersedia dari situs resminya untuk bisa digunakan dalam website, tetapi Widget tersebut berupa susunan JavaScript dan HTML. Bisakah kita membuatnya berbeda? Seperti membuatnya dalam bentuk Flash?
Menampilkan Status Twitter Dengan Adobe Flash CS5 Image
Kita dapat meng-akses tweet terakhir dari satu user twitter dengan meng-akses  URL: http://twitter.com/status/user_timeline.xml?screen_name=nama_usernya. Twitter kemudian akan mengirimkan data dari nama user yang kita tuliskan tersebut dalam bentuk XML. Tentu dengan catatan bahwa user yang kita akses tweet-nya tersebut tidak mengeset timelinenya sebagai Private.
Sebelum melakukan data dengan paring XML, kita perlu terlebih dahulu mengetahui struktur data yang didapatkan dari twitter. Untuk mengambil data berupa tweet saja, maka yang kita perlukan hanya data yang terdapat dala tag <text>, dimana struktur sederhananya dapat kita gambarkan sebagai berikut (element tag lain yang tidak kita perlukan saat ini digambar sebagai titik-titik).
Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buat sebuah file flash baru, dengan fitur ActionScript 3.0, dengan meng-klik menu File > New > ActionScript 3.0Menampilkan Status Twitter Dengan Adobe Flash CS5 Image
  2. Dengan menggunakan Text Tool buatlah sebuah  dynamic text pada stage area kerja. Menampilkan Status Twitter Dengan Adobe Flash CS5 Image
  3. Dengan type text sebagai dynamic text, berikan sebuah istance name dengan nama tweet_txtMenampilkan Status Twitter Dengan Adobe Flash CS5 Image
  4. 4. Buatlah sebuah layer baru untuk tempat kita menyimpan ActionScript pada timeline (ActionScript 3.0 masih memperbolehkan kita untuk menyimpan script di timeline!). Menampilkan Status Twitter Dengan Adobe Flash CS5 Image
  5. Klik kanan pada Frame pertama dari layer baru yang kita buat tadi, kemudian pilih menu Actions untuk memunculkan panel Actions.
  6. Setelah panel Actions muncul, tuliskan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
var namaUser:String = "andreaadelheid";
 
var jmlTweet:uint = 7;
 
var twitterXMLLoader:URLLoader = new URLLoader();
 
&nbsp;
 
twitterXMLLoader.load(new URLRequest("http://twitter.com/statuses/user_timeline.xml?screen_name="+namaUser));
 
twitterXMLLoader.addEventListener(Event.COMPLETE, parseXML);
 
&nbsp;
 
function parseXML(e:Event):void
 
{
 
var twitterXML:XML = new XML(e.target.data);
 
for(var i:int=0; i<jmlTweet; i++)
 
{
 
if(i == 0) {
 
tweet_txt.text = "";
 
}
 
tweet_txt.appendText(twitterXML.status[i].text + "nn");
 
}
 
}
Menampilkan Status Twitter Dengan Adobe Flash CS5 Image
Pada script ini kita akan mencoba meng-akses 7 tweet terakhir dari user @Tunicko yang beralamat di http://twitter.com/andreaadelheid
  1. Simpan file flash ini dengan cara meng-klik menu File > Save As
  2. Untuk melihat hasilnya, lakukan test movie. Klik menu Control > Test Movie atau tekan shortcut Ctrl+Enter pada Keyboard.
  3. Jika komputer kita terkoneksi dengan internet, setelah proses load XML dari akses twitter selesai, maka secara otomatis timeline dari user @andreaadelheid akan tampil pada Flash movie yang kita buat. Untuk meng-akses user lain, kita tinggal mengubah variable “namaUser” pada script yang kita buat sebelumnya.
Penting:
Twitter hanya memperbolehkan 150 request perjam dari sebuah server. Jadi harus digunakan berdasarkan ketentuan yang telah dibuat Twiter. Tutorial diatas juga berlaku untuk versi Adobe Flash di bawah CS5.
Bagi anda yang ingin source code tutorial ini silahkan di unduh: Disini.


0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More