AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Lima Komputer Ungkap Aksi Osama dan Gudang Data Al Qaida

By. AlgoritmaNews -

Penggerebegan rumah persembunyian Osama bin Laden di Abbotabad – Pakistan, Minggu malam (1/5) bukan hanya berhasil menewaskan gembong teroris yang paling dicari Amerika, 10 tahun terakhir – beserta 4 rekannya – melainkan juga menyita sejumlah komputer yang memuat info “harta karun” data miliarder itu.

Agen dinas intelijen AS banyak berharap pada komputer untuk mengungkap sebanyak-banyaknya data tentang Osama dan aksi Al Qaida seperti rencana teror, lokasi target, sumber dana, dll. Demikian dikatakan sumber pejabat AS, Rabu (4/5).

Diketahui, menurut sumber itu, ada 5 komputer, 10 perangkat keras (hard drive), dan 100 perangkat penyimpanan data, yang berhasil diangkut dari lokasi penggerebegan Navy Seal AS dengan sandi “Operasi Elvis” tersebut yang disebut-sebut sebagai “terobosan dramatis intelijen buat AS dalam perang melawan Al Qaeda”.

Para pejabat AS mengatakan, satuan tugas khusus yang terdiri atas para ahli dari Dinas Intelijen Pusat (CIA), Badan Keamanan Nasional, Departemen Kehakiman, dan lembaga lain telah mulai meneliti komputer sitaan itu.

Tugas ini, katanya, akan berlangsung berbulan-bulan dan mungkin bertahun-tahun, karena ada banyak kode-kode dan bahasa sandi di sana.

Pencarian awal akan dipusatkan pada pendeteksian ancaman yang ada dan keterangan yang menunjuk kepada “sasaran lain yang bernilai tinggi di dalam Al Qaeda, “ kata Kepala Pusat Kontraterorisme Nasional Michael Leiter kepada Radio Publik Nasional.

Ditemukan pula bukti yang mungkin merupakan catatan komunikasi antara Osama dengan para letnan Al-Qaida yang diharapkan bisa menyingkap target potensial, panduan strategis dalam arahan organisasi, serta lokasi-lokasi para operator Al-Qaida lain.

PETUNJUK

Pemerintah AS yakin, bahwa hardware komputer digunakan Osama untuk menyampaikan pesan kepada bawahan-bawahannya, sebagai solusi dari ketiadaan koneksi telepon dan internet di lokasi persembunyiannya tersebut.

“Yang paling menarik adalah bagaimana kita bisa mendapatkan petunjuk ke dalam plot teroris yang mungkin kini tengah dijalankan, sehingga kita bisa menghentikan rencana serangan apapun. Kedua, kami masih mencoba mencari bukti yang mengarahkan kita kepada individu lain di dalam organisasi ini,” kata Kepala bagian kontra-teroris Gedung Putih John Brennan seperti dilansir dari situs Guardian.

Lebih detil, majalah New York Magazine, mengklaim mendapatkan salinan file dari orang dalam di lingkungan CIA. “Dengan bantuan superkomputer yang kami beli beberapa tahun lalu seharga US$ 3 miliar (sekitar Rp25,6 triliun), kami berhasil mengkategorikan data-data di hardware milik Osama dalam sebuah diagram,” ujar NYMag.

NAMA BARU

Dari komputer sitaan di rumah Obama pula, Pemerintah AS akan menambahkan nama baru di daftar pengawasan terorisnya sebagai hasil dari keterangan yang diperoleh dari tumpukan komputer Osama bin Laden, kata Jaksa Agung Eric Holder dalam suatu pertemuan Senat, Rabu (4/5).

Tahap pertama, para jagoan IT di CIA akan melucuti perangkat keras, untuk mengetahui kemungkinan adanya perangkap atau pemicu yang dapat menghapus semua

Lalu, mereka akan menarik dan menyalin semua data yang tersimpan, meneliti semua file sementara, “dan berusaha menembus kode rahasia, “ kata banyak pengulas.

Ada lapisan pertama data yang mungkin bisa diperoleh dengan cepat, lalu ada lapisan tambahan yang akan memerlukan analisis teknis lebih banyak, kata James Lewis, mantan pejabat di Departemen Pertahanan yang bekerja di bidang keamanan dan teknologi.

Diperlukan waktu berbulan-bulan untuk mengeduk, mengais dan mengolah data dari 5 komputer dan 10 perangkat keras serra 100 alat penyimpan data itu.

0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More