AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Mengenal Framework PHP CodeIgniter

By. AlgoritmaNews -

CodeIgniter adalah framework aplikasi web open source yang fungsinya untuk membangun website yang dinamis menggunakan PHP. Tujuan dari CodeIgniter adalah agar para pengembang atau programmer website dapat membangun website lebih cepat ketimbang menulis kode PHP dari nol karena CodeIgniter menyediakan kumpulan fungsi PHP yang sering digunakan.

CodeIgniter dirancang berdasarkan metode pengembangan Model-View-Controller (MVC) dan CodeIgniter konon merupakan tool yang paling cepat dibandingkan dengan framework MVC PHP sejenisnya. Bahkan pembuat PHP sendiri – Rasmus Lerdorf – mengatakan bahwa ia sangat suka dengan CodeIgniter karena cepat, ringan dan sederhana.

Dalam metode pengembangan Model-View-Controller (MVC), kita memisahkan code dalam 3 bagian, yaitu:

  • Model
    Mendefinisikan database dan class yang digunakan untuk membaca atau menyimpan informasi di database.
  • View
    Mendefinisikan tampilan halaman website (template), baik halaman web secara utuh atau potongan kode seperti header, footer. Dapat juga membuat halaman RSS atau ‘halaman’ dalam bentuk lain nya.
  • Controller
    Menangani request dari pengguna dan menghasilkan halaman web. Mengontrol alur proses antara Model, View dan resource lain nya.

Mengenal CodeIgniter PHP Framework

CodeIgniter kompatibel dengan PHP 4, dengan demikian kalau server hosting kita belum support PHP 5, CodeIgniter masih bisa kita pakai.

CodeIgniter dapat di download dengan gratis di pada halaman download CodeIgniter. Panduan dasar CodeIgniter juga sudah tersedia pada paket file yang di download tersebut, atau pada halaman user guide CodeIgniter.

Buat yang belum terbiasa membaca panduan berbahasa Inggris, buku panduan CodeIgniter berbahasa Indonesia juga sudah banyak di toko-toko buku,

0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More