AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Messenger Kirim Gambar Merkurius

By. AlgoritmaNews - Penjelajah antariksa milik NASA Messenger telah berhasil mengabadikan sejumlah gambar permukaan planet merkurius dan mengirimnya kembali ke bumi. Foto-foto itu merupakan hasil pertama dari misi yang dijadwalkan berlangsung selama setahu bagi Messenger untuk memetakan permukaan planet terdekat matahari itu.

Setelah menempuh perjalanan sepanjang 7,9 miliar km yang memakan waktu 6,5 tahun, Messenger, yang merupakan singkatan dari MErcury Surface, Space ENviroment,Geochemistry, and Ranging, itu akhirnya berhasil masuk ke orbit merkurius pada 17 Maret silam. Penjelajah itu diharapkan mampu membuka rahasia planet yang memiliki suhu permukaan hingga 427 derajat Celsius pada saat siang dan 100 derajat Celsius di malam hari.








Messenger yang saat ini mengelilingi merkurius itu dirancang untuk menjawab misteri besar yang selama ini menggelayuti para ilmuwan. Mereka sedang mereka-reka apakah dunia kecil itu memiliki kandungan es di kawah-kawah bayangan planet itu. Messenger menjadi penjelajah pertama yang berhasil mengorbit di merkurius.

Meskipun pesawat milik NASA itu belum secara resmi akan memulai misi ilmiahnya sampai 4 April, observasi awal yang dilakukannya telah memberikan petunjuk akan adanya banyak penemuan yang bakal memuaskan dahaga para ilmuwan atas merkurius. “Sekarang, kami benar-benar melihat merkurius dengan mata baru,” ujar investigator kepala Messenger Sean Solomon dari Carnegie Institution of Washington, sebagaimana dikutip Space.com.

“Hasilnya, seluruh perspektif global terungkap dan akan terus terungkap selama beberapa bulan ke depan.” Meskipun relatif dekat dengan bumi, merkurius hanya sedikit terekspos. Sebab, dia merupakan planet terdekat matahari dan menjadi subjek tarikan gravitasi besar dan memiliki kandungan radiasi yang sangat tinggi. Gambar pertama dari Messeger, yang dirilis pada Kamis (30/3) waktu setempat, memperlihatkan kawah gelap yang disebut Debussy.

Sementara bagian yang lebih bawah mengungkapkan porsi merkurius dekat kutub selatannya yang belum pernah diabadikan oleh pesawat mana pun. Messenger berhasil mengabadikan 363 gambar dalam waktu lebih dari enam jam,dengan 224 gambar di antaranya sudah dikirim kembali ke ilmuwan NASA di bumi.

“Merkurius punya banyak misteri dan sekarang kita akan mampu mendapatkan informasi mendekat yang akan membongkar rahasia itu,” tutur James Head, dosen ilmu geologi yang merupakan salah satu anggota Messenger kepada AFP. “Di bumi, kita belum memahami awal mula lempeng tektonik terjadi beberapa miliar tahun lalu. Merkurius mungkin punya jawabannya.

1 Comments:

I just added this web site to my feed reader, excellent stuff. Cannot get enough!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More