AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Gedung Bisa 'Hijau' Berkat Teknologi Smart Building

By. AlgoritmaNews - Telkom menawarkan konsep gedung 'hijau' yang memanfaatkan teknologi komunikasi informasi (ICT) untuk mengotomatisasi operasional gedung agar tercapai penghematan konsumsi energi.

Menurut Direktur Enterprise and Wholesale Telkom, Arief Yahya, Telkom memasuki lahan bisnis baru dengan menyediakan layanan Telkom Smart Building Solution sebagai bagian dari upaya memperkuat bisnis TIME (Telecommunication, Information, Multimedia and Edutainment) sekaligus memberikan value untuk gedung pencakar langit (High Rise Building/HRB).








"Green Building yang akan menjadi tuntutan bagi setiap developer atau owner building terhadap bangunan yang akan didirikannya dalam upaya memanjakan dan memberikan kepuasan kepada tenant atau penghuninya," jelas Arief dalam keterangannya di Jakarta.

Gedung hijau menurutnya memiliki keunggulan dalam hal penghematan pemakaian resource dan energi, tidak akan memberikan dampak buruk pada lingkungan, dan menyediakan kenyamanan dan kesehatan lingkungan bangunan.

Konsep ini dapat diwujudkan melalui teknologi Smart Building, yaitu suatu teknologi pada aspek elektronik gedung yang memanfaatkan ICT untuk mengotomatisasi operasional gedung, mendefinisikan rule dan task pada pemakaian energy building agar tercapai penghematan konsumsi energi.

“Kunci pencapaian implementasi Green Building adalah efisiensi pada pembangunan dan pengoperasionalan gedung,” tegasnya.

Teknologi Smart Building dapat melakukan penghematan pada fase konstruksi dan fase operasi gedung. Hal ini dimungkinkan karena Smart Building berjalan pada satu platform network yang terintegrasi untuk pengontrolan gedung yaitu platform jaringan TCP/IP. Telkom Smart Building Solution dengan jaringan TCP/IP berbasis fiber optic yang terintegrasi dapat memberikan solusi paling efektif dan efisien untuk mewujudkan Green Building.

"Building Electronic Design, seperti BAS, CCTV, Access Control, Telekomunikasi, Jaringan data/internet, jaringan TV, dan sebagainya yang banyak diimplementasikan pada pembangunan gedung-gedung baru dewasa ini masih menggunakan desain konvensional," kata Arief.

Menurutnya, jaringan setiap subsistem elektronik terpisah-pisah. Seperti untuk menyediakan layanan telekomunikasi atau telephoni design yang umum dipakai adalah menggunakan jaringan kabel tembaga yang terpisah.

Kemudian untuk layanan internet atau komunikasi data menggunakan jaringan LAN yang terpisah, dan untuk layanan TV menggunakan jaringan coaxial yang terpisah pula.

"Demikian pula untuk CCTV menggunakan jaringan kabel coxial tersendiri yang fase konstruksi infrastruktur elektronik pada desain konvensional ini menjadi mahal," pungkasnya.

3 Comments:

Hands down, Apple's app store wins by a mile. It's a huge selection of all sorts of apps vs a rather sad selection of a handful for Zune. Microsoft has plans, especially in the realm of games, but I'm not sure I'd want to bet on the future if this aspect is important to you. The iPod is a much better choice in that case.

I believe one of your commercials caused my browser to resize, you may well want to put that on your blacklist.

I fully support all efforts to conserve, reuse and recycle - and it should be something that the whole nation should be doing - NOW!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More