AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Ini Dia.. Cara Membuat Read More Otomatis Pada Blog WordPress

By. AlgoritmaNews - pada artikel ini saya akan menyajikan tulisan tentang Cara Membuat Read More secara otomatis, artinya anda tidak perlu mengklik menu more kemudian menyisipkan potongan artikel di atas dan di bawah karena hal tsb saya pikir cukup merepotkan. Dengan menu read more otomatis, artikel anda akan terpotong dengan sendirinya tanpa perlu repot-repot anda lakukan secara manual, asyik bukan?
Mau tahu caranya? Oke kita langsung saja …
Sebelumnya anda harus menyiapkan plugin Advance excerpt terlebih dulu. Plugin ini tersedia gratis di wordpress tinggal anda cari saja di menu search atau cari yang terdapat di dashboard wordpress, atau anda bisa download plugin tsb di http://wordpress.org/extend/plugins/advanced-excerpt/. Setelah itu anda instal plugin tsb. Secara default, kata yang muncul adalah read more, jika anda ingin merubahnya sesuai selera, anda tinggal mengganti dengan mengedit setting pada ‘Read-more’ Text: ganti dengan kata yang anda sukai, misalnya “baca selanjutnya”. Selanjutnya, pada “keep mark up”, jangan centang Don’t remove any markup, kemudian pada bagian bawahnya tinggal sesuaikan keinginan Anda, apabila Anda tidak menginginkan gambar ikut dalam read more hapus centang pada img, dan juga yang lainnya. Simpan hasil edit anda kemudian coba lihat hasilnya.
Selesai? Bisa ya bisa tidak…kenapa? Jika setelah anda lihat di halaman muka blog anda hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, brarti pekerjaan anda selesai, tapi jika tidak sesuai dengan keinginan, mungkin theme wordpress yang anda pake tidak support dengan plugin tsb, karena pada beberapa themes wordpress plugin diatas tidak bisa berjalan dengan baik, lalu adakah cara lain? Tenang teman…saya masih punya jurus lain untuk mengantisipasi hal ini, mau tau? Ok ini caranya:

  1. Masuk ke Theme Editor. Edit file index.php

  2. Cari code berikut: <div><?php the_content(‘Read more…’); ?>

  3. Sekarang ganti code berikut: <?php the_content(‘Read more…’); ?> dengan code dibawah ini: <?php the_excerpt(); ?>


Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua kodenya persis seperti ini <?php the_content(‘Read more…’); ?> bisa saja bukan kata read more yang tampil tapi kata lain, misal next dsb, intinya adalah tag ini <?php the_content(‘bla bla…’); ?>, jika demikian langkahnya sama dengan langkah di atas, anda ganti kode tersebut dengan kode <?php the_excerpt(); ?>.
Jika Anda ingin membuat read more juga pada halaman archive dan search, caranya hampir sama dengan cara tadi, ganti kode <?php the_content(‘Read more…’); ?> archives.php – search.php. kode tsb bisa Anda temukan pada editor themes Anda.
Beberapa blogger malah menggunakan kedua cara tsb pada blog nya, hasilnya tampilan blog menjadi lebih rapi.
By the way, Selamat mencoba aja dech dan inget, jangan takut salah…

0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More