AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Ini Dia.. Hasil Uji Router Wireless Sapido RB1602

By. AlgoritmaNews - Router berbadan besar mungkin jamak ditemukan. Tapi yang langsing dan hemat tempat belum banyak yang membuat. Bentuk mini tapi maksi ini yang jadi terobosan utama dalam rancangan Sapido RB1602 ini.

Kenapa PCplus sebut maksi? Karena di dalam bentuk badan yang mungil ini terdapat fungsi perangkat yang terbilang lengkap. Ia bisa bekerja sebagai router untuk membagi koneksi internet baik dari jaringan kabel ke wireless atau dari kabel ke kabel. Kalau tidak mau memakai fungsi pembagi internet ini, geser saja switch kecil di badannya untuk beralih ke modus access point. Jaringan kabel pun kini bisa diakses beragam perangkat yang mendukung standar IEEE 802.11b/g/n. Atau kamu sudah punya akses point lengkap dengan koneksi internet tapi kurang dalam hal jangkauan? Ah, jadikan saja perangkat ini sebagai bridge untuk memperluas jangkauan access point kamu tadi, bisa kok.

Ketiga fungsi Sapido RB1602 tadi memang cukup unik untuk sebuah perangkat nirkabel mini. Apalagi ditambah kemampuan transmisi standar nirkabel N untuk mengurangi bottleneck. Oh ya, antena Sapido juga bisa dilepas pasang lho, cocok buat yang suka bereksperimen dengan antena eksternal.

Dari hasil coba-coba PCplus, jangkauan antena bawaan Sapido cukup baik untuk diletakkan di ruang bersekat. Bahkan dengan jarak sekitar radius 10 meter dari perangkat pun sinyal yang dipancarkan masih bisa diterima dengan baik. Begitu pun dengan kinerja nirkabelnya, meskipun terjadi penurunan saat pengujian dilakukan pada ruang penuh sekat tapi kisaran throughput yang didapat masih sekitar 15 sampai 20 Mbps, cukup baik untuk sebuah perangkat dengan antena bawaan yang kecil.

Satu yang menjadi kendala adalah ketika 2 kabel RJ-45 ditancapkan ke bagian belakang perangkat. Bobot yang ringan membuat perangkat mudah tertarik dengan berat kabel. Sayang Sapido tidak memasang kaki anti selip di bagian bawahnya. (Brama Setyadi)



Hasil Uji























Jenis UjiNilai
Throughput Maksimum10,851 Mbps (g) / 22,773 Mbps (n)
Throughput Minimum4,196Mbps (g) / 6,623Mbps (n)
Response Time Maksimum10,198 Detik (g) / 15,118 Detik (n)
Response Time Minimum4,102 Detik (g) /3,732 Detik (n)

Spesifikasi



























































StandarIEEE 802.11b/g/n
Konektor1 x LAN (RJ-45); 1 x WAN (RJ-45)
Tipe EthernetStatic IP, Dynamic IP, PPPoE, PPTP, L2TP
Kecepatan Kabel10/100Mbps
Kecepatan NirkabelUpto 300Mbps
Dukungan Koneksi 3G-
Keamanan Nirkabel64/128 bit WEP, WPA, WPA2, WPA2 Mixed
PowerDC 5V, 1.2 A
Dimensi (plt)8,8 x 5,8 x 2,6 cm
Bobot68 gram
Dukungan OSWindows, MAC, Linux
Situs webwww.sapido.co.id
Garansi1 tahun
Harga*U$34

*Sapido Indonesia 021-26647120

+ Standar N, 3 fungsi 1 perangkat, ukuran kecil, antena lepas pasang, fitur firewall baik.

- Agak panas, tanpa kaki anti selip.

Rating 8,2

1 Comments:

Hello, i know this is not exactly your topic "Ini Dia.. Hasil Uji Router Wireless Sapido RB1602 | AlgoritmaNews", but i have a blog using the wordpress platform as well and i'm having issues with my comments displaying. is there a setting i am forgetting? maybe you could help me out? thank you.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More