AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Meditasi Trik Hilangkan Rasa Sakit Lebih Efektif dari Morfin

By. AlgoritmaNews - Ada alasan mengapa ritual meditasi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Menurut sebuah studi, meditasi ternyata mampu memberikan efek penghilang rasa sakit ke otak, bahkan melebihi morfin.

"Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa meditasi selama lebih dari satu jam (80 menit) mampu mengurangi rasa sakit maupun aktivasi otak terkait rasa sakit secara dramatis," cetus Dr Fadel Zeidan sebagaimana dikutip Straits Times.








"Kami menemukan efek signifikan dari meditasi, yaitu berkurangnya intensitas rasa sakit sekira 40 persen serta rasa kurang menyenangkan hingga 57 persen. Meditasi mampu mengurangi rasa sakit lebih besar ketimbang morfin atau obat-obat penghilang sakit lain yang biasanya hanya menghilangkan 25 persen rasa sakit," tambah Zeidan.

Zeidan dan timnya mengamati 15 partisipan yang belum pernah melakukan meditasi sebelumnya. Masing-masing partisipan melakukan empat sesi latihan untuk mengendalikan nafas serta melupakan emosi dan pikiran mereka. Setiap sesi berlangsung selama 20 menit.

Aktivitas otak masing-masing partisipan dimonitor dengan alat MRI khusus yang dinamakan arterial spin labeling magnetic resonance imaging (ASL MRI). Alat ini mampu membaca proses otak dalam durasi yang lebih lama dibandingkan MRI standar.

Ketika menjalankan ASL MRI, kaki kanan partisipan diberikan alat penghantar panas yang bisa memanaskan kulit mereka hingga 48,9 derajat Celcius. Merasakan suhu ini selama lima menit biasanya sudah cukup menyakitkan untuk kebanyakan orang.

Namun ketika mengamati hasil pemindaian setelah meditasi, tim peneliti menemukan bahwa tingkat rasa sakit seluruh partisipan berkurang dari 93 persen menjadi hanya 11 persen.

1 Comments:

Jim it's the end of the world, deal with it!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More