AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Benarkah.. Di Luar Angkasa, Khasiat Obat Berkurang

By. AlgoritmaNews - Astronot yang tengah menjalani misi sebaiknya jangan sakit. Sebuah penelitian yang dilakukan Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) Johnson Space Center mengungkap obat-obatan, seperti parasetamol dan antibiotik berkurang khasiatnya bila dibawa ke luar angkasa.

Para ilmuwan menduga faktor gravitasi dan radiasi menjadi pemicunya menurunnya khasiat obat di luar angkasa. Di bumi, obat-obatan tersebut bisa tahan dalam jangka waktu lama dengan syarat disimpan di tempat kering dan jauh dari sinar matahari.

Nah, ternyata di luar angkasa, meski disimpan di tempat kering, obat itu tidak efektif bila dikonsumsi. Penelitian ini dilakukan dengan meneliti delapan kotak obat-obatan. Masing-masing kotak berisi 35 jenis obat. Empat kotak dibawa ke luar angkasa, empat lainnya disimpan di markas NASA.

Kotak yang dibawa ke luar angkasa ada yang kembali setelah 13 hari dan ada yang sampai 28 bulan berada di sana. Hasilnya, formula obat turun dalam jumlah yang signifikan dibandingkan dengan obat yang tetap berada di bumi.

Menurut Dr Colin Cable dari Royal Pharmaceutical Society, di bumi obat-obatanya ini dikemas untuk melindungi dari suhu, kelembaban, oksigen dan sinar. Namun bila dibawa ke luar angkasa kemugkinan besar kemasan ini tidak cukup melindungi meski sudah dikemas ulang.

"Mungkin radiasi yang tinggi menjadi faktor utama menurunnya khasiat obat," kata Cable. Selain itu, lingkungan di luar angkasa kaya akan karbondioksida, dan ini menurunkan keampuhan obat.

0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More