AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

'Terapi Wii' Percepat Kesembuhan Penyakit Syaraf

By. AlgoritmaNews - Tidak selamanya game konsol hanya memiliki fungsi hiburan. Nintendo Wii kini menjadi pilihan fisioterapis sebagai opsi alternatif rehabilitasi untuk pasien dengan cedera atau penyakit syaraf seperti stroke, Parkinson, multiple sclerosis, cerebral palsy hingga amputasi kaki.

Studi pertama yang menghubungkan game konsol dengan proses terapi menunjukkan pasien bisa pulih lebih cepat dengan bermain game Wii dibandingkan melakukan terapi konvensional. Demikian seperti dilansir Daily Mail.








Terapis menilai Wii bisa membuat pasien lebih aktif berpartisipasi secara fisik, sehingga membantu mengembalikan kemampuan motorik mereka. Alih-alih hanya menekan tombol konsol untuk menggerakkan karakter animasi di layar memukul bola tenis, pasien benar-benar mengayunkan raket imajiner melalui pengendali nirkabel.

Rebecca Scott, fisioterapis senior untuk National Star College di Cheltenham, mengatakan bahwa dari 150 pasien dirawat, lebih dari sepertiganya menggunakan Wii sebagai bagian dari rehabilitasi mereka.

"Penggunaan Wii adalah sesuatu yang baru untuk kami. Ini mampu menarik perhatian orang. Pertama kali menggunakannya, saya sadar betapa fleksibel dan mudah gerakannya sehingga bagus untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam gerakan mereka. Mereka masih bisa memainkan game ini," papar Scott.

"Terapi Wii lebih memotivasi dan sesuatu yang bisa dilakukan pasien di rumah bersama keluarga mereka. Selain itu, Wii juga membuat pasien bergerak lebih banyak dibandingkan dengan sesi terapi konvensional," tambahnya.

"Wii bisa membantu pasien mengembangkan keseimbangan, koordinasi, pengendalian motorik dan pergerakan mereka secara umum. Begitu juga kemampuan gerakan lain pasien. Tapi, seperti halnya perangkat rehabilitasi lain, terapi ini harus dilakukan dalam program kerja dengan target yang realistis," pungkas Scott.

Belum lama ini, sebuah riset klinis dari University of Toronto menunjukkan jika penderita stroke bisa pulih lebih cepat setelah bermain Wii ketimbang hanya melakukan terapi konvensional.

Tes itu dilakukan oleh beberapa ilmuwan di Kanada terhadap 100 pasien yang mengalami penyumbatan pada otak mereka. Hasil tes menunjukkan, pasien berhasil mengembalikan pergerakan dan kekuatan mereka lebih cepat dengan memainkan game Wii seperti tenis, bowling bahkan memasak.

3 Comments:

After I originally commented I clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now each time a comment is added I get 4 emails with the same comment. Is there any way you can remove me from that service? Thanks!

רוצים לא להפסיק לבית פרחים יפים בשלל צבעים כנסו לחנויות המתמחות לא רחוק מ הוא וקשטו מילת המושא הישיר הבית בשלל פרחים לא מצופה ..

Hi there this is kind of of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I'm starting a blog soon but have no coding skills so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More