AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Jupiter Menyapa, Bulan Masih Merona

By. AlgoritmaNews - Momen gerhana bulan total yang terjadi Kamis (16/6/2011) dini hari tadi istimewa sebab totalitasnya merupakan salah satu yang terpanjang dalam kurun waktu 100 tahun terakhir. Berdasarkan perkiraan NASA, totalitas berlangsung selama 100 menit dan bisa disaksikan hingga pukul 04.05 WIB tadi.

Bagi yang langsung tidur atau pulang satelah puncak gerhana, mereka patut menyesal. Pasalnya menjelang pukul 05.00 WIB, Jupiter pun menampakkan dirinya menyapa Bulan yang masih saja merona. Bila dilihat lebih detail, satelit planet terbesar tata surya itu pun bisa terlihat.

"Tuh ada Jupiter. Bagi yang bosan ngamat Bulan, bisa lihat Jupiter," kata Muhammad Rayhan, koordinator Himpunan Astronom Amatir Jakarta yang memfasilitasi pengamatan di Planetarium Taman Ismail Marzuki dengan menyediakan 5 teleskop. Ratusan orang memadati sejak sebelum tengah malam dan usai puncak gerhana sekitar pukul 02.30 WIB, mereka pun pulang.

Jupiter juga teramati oleh astronom amatir Ma'rufin Sudibyo yang melakukan pengamatan dari RS PKU Muhammadyah Gombong. "Saya juga lihat Jupiter tadi," ungkapnya.

Ia juga mengaku melihat Planet Venus walaupun hanya samar-samar. Dalam pengamatan, Jupiter berada di timur. Planet tersebut tampak berwarna putih dan berukuran kecil. Di dekatnya, tampak ada bintik kecil yang menunjukkan satelitnya.

Jupiter sebenarnya memiliki cincin namun tak terlihat karena sangat tipis. Momen Jupiter yang menyapa saat gerhana boleh jadi sebuah momen langka. Untuk gerhananya sendiri, bila terlewat, masih ada satu kesempatan menyaksikan di bulan Desember 2011. Boleh jadi ini gerhana paling romantis sebab akan terjadi di malam Minggu

0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More