AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Jebakan Peringkas URL di Facebook Tak Berbahaya Tapi,

By. AlgoritmaNews - Penggguna Facebook di Indonesia sebaiknya waspada dengan fenomena 'peringkas URL berivirus', walaupun sebetulnya ini tidak berbahaya.

"Ini jelas buatan Indonesia (lokal). Mereka menggunakan metode Cross Site Scripting (XSS), satu tingkat di atas metode phising. Namun bedanya metode ini jebakan dan bisa mengirimkan secara otomatis hanya dengan sekali klik saja, ke teman-temannya," terang ahli keamanan Alfons Tanujaya, dari Vaksin.com, yang menyebut virus ini sebagai 'jebakan betmen.








Alfons juga menambahkan, jebakan ini hadir dengan beragam pemendek URL yang memang terkadang dimanfaatkan oleh para pelaku untuk menyembunyikan status situs yang tidak diketahu sama sekali.

Kendati demikian dari hasil pantauan tim Vaksin.com, jebakan ini tidak atau belum mengarah kearah sesuatu yang berbahaya, seperti mencuri informasi pribadi ataupun data-data yang sifatnya sensitif. Namun memang tetap harus diwasapadai.

"Kami melihatnya belum berbahaya, mungkin mereka hanya ingin mengeksiskna diri. Walaupun tidak menutup kemungkinan akan ada diarahkan ke situs-situs iklan misalnya seperti situs viagara dan semacamnya," terang Alfons.

"Satu catatan penting, jebakan metode ini tidak mengenal sistem operasi komputer, mau Anda pengguna Windows atau Linux, asal meng-klik saja link tersebut, pasti akan terkena juga," tandasnya.

Bahkan penyebarannya diyakini berasal dari browser berbasis handset, karena di perangkat cerdas justru pengamanannya sangat rentan ketimbang browser desktop.

Sebelumnya diketahui dalam satu halaman Facebook, sekira 45 persen tampilannya berisi postingan update status dari akun yang terinfeksi. Tulisan status yang terinfeksi kebanyakan sama, setidaknya ada 3 kalimat berbeda

1. Ini fotoku wkt lg ML http://tinyurl.com/rahasiapribadiku
2. Jangan salahin w kalo lo bakal ngakak ngeliat ni orang :D http://tinyurl.com/sampahh
3. Hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari http://goo.gl/ds4vc KEREN bgt swearr.. buruan...mampir


Saat diklik link tersebut akan mengarahkan pengguna ke sebuah layar kosong. Namun secara otomatis, akun yang telah mengklik link tersebut akan langsung mengirimkan postingan peringkas URL berisi virus itu kepada teman jaringan lainnya. Begitu seterusnya.

2 Comments:

Hello pals. Research which went on for several number of years established that humans truly are programmed bio-robots. Refer to - Catalog of human population (chp)

Pretty good post. I just stumbled upon your site and wanted to say

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More