AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Langkah Install IpCop Sebagai Proxy

By. AlgoritmaNews - karena dah pusing bikin proxy pake linux suse gak bisa-bisa, akhirnya gw coba browsing di om Google deh’ taunya nemu yang namanya IpCop. Bener-bener gampang tuh distro cuma install doang dah jadi lagi hehe… ;P

lo coba download source’y bentuk iso disini . setelah download burn cd itu. trus install dengan menggunakan 2 NIC klo emang mau di bikin router sekalian.

Install IPCop Firewall

Berikut langkah-langkah (Step by step) instalasi IPCop :

Hanya sekedar informasi, saat ini telah release IPCop Versi 1.4.xx yang dapat di cek di www.ipcop.org.


Setelah selesai download copy file iso ke cd-r/rw, dan abis itu jangan lupa setting bios komputer anda agar bootnya dari CDRom. Setelah booting akan tampil seperti gambar dibawah:



Tekan enter. Berikutnya anda akan diminta memilih bahasa yang akan digunakan, pilih english dan tekan Ok! Setelah itu ada welcome screen lanjutin dengan menekan Ok.



Langkah selanjutnya adalah anda diminta untuk memilih sumber instalasi, karena tadi kita telah membuat Cdnya, maka kita pilih sumbernnya dari CDRom/USB-Key
Setelah klik Ok. IPCop siap di install dan proses instalasi ini ngga terlalu lama ( -5 menit),mungkin juga tergantung komputer yang anda gunakan.



Setelah itu anda diminta membackup IPCOP. Pada tahap ini bisa kita skip saja.Ketikan Hostname komputer anda beserta localdomainnya dan klik Ok!

Berikutnya adalah mengkonfigurasikan network. Ingat kita menggunakan 2 NIC. IPCop masih sangat terbatas mengenali driver network card, kali ini yang saya gunakan kebetulan langsung dapat dikenali oleh IPCop (RealTek dan D-Link 530-TX).



Klik Probe, maka IPCop akan langsung mencari driver yang sesuai dengan NIC yang anda gunakan.



Setelah ditemukan driver yang sesuai, kita tinggal masukan IP Address & Netmask yang akan kita gunakan. Pada gambar di diatas setting Green Interface digunakan untuk ke LAN, jadi masukan IP LAN yang akan di jadikan gateway dengan Net Masknya. Setelah selesai, akan tampil screen seperti gambar dibawah ini :



Masih ada satu langkah lagi, yaitu setting Red Interface yang digunakan untuk koneksi ke internet.

Setting RED interface yang berfungsi untuk koneksi ke internet, masukan Ip address, netmask, gateway dan Dns yang telah diberikan dari provider.
Setelah Green interface selesai, berikutnya ipcop meminta untuk settingan keyboard mapping pilih defaultnya (us) dan tekan ok.



Berikutnya ipcop meminta setting timezone, seperti gambar dibawah :


Berikutnya masukkan hostname untuk pc tersebut, defaultnya adalah ipcop



Selanjutnya adalah memasukan nama domain anda, seperti gambar dibawah berikut ini:



Pada domain ini saya sesuaikan dengan domain kantor saya.
Langkah berikutnya adalah ISDN configuration menu, pada step ini saya pilih disable ISDN. Berikutnya adalah Network configuration menu. Nah pada menu Network Configuration type tekan enter kemudian akan tampil seperti pada gambar dibawah



Nah pada gambar diatas saya memilih GREEN + RED, dimana GREEN adalah Ethernet yang terhubung ke LAN sedangkan RED adalah ethernet yang terhubung ke ISP/Internet. Setelah OK, Pilih Drivers & card assignments, tekan Ok maka akan ada pilihan seperti pada gambar dibawa ini


Pilih Probe agar IPCop mencari sendiri driver untuk RED interface, atau pilih Select jika ingin memilih sendiri driver dari interface tersebut. Setelah driver selesai di install, langkah berikutnya adalah pilih address settings ,tekan OK, kemudian IPCOP akan meminta anda memilih interface yang akan di config, pilih RED, dan tekan Ok.
Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:



Pada pilihan diatas terdapat Static, DHCP, PPPOE,PPTP. Bila anda mendapatkan ip publik dari ISP anda, silahkan pilih static kemudian masukkan IP address dan netmasknya, tapi bila IP yang anda dapat adalah dynamic pilih yang DHCP, sedangkan untuk PPPOE, dapat di baca pada artikel saya kemarin Setelah itu tekan tobol Done, IPCop akan kembali ke Network configuration menu.

Langkah selanjutnya sangat bergantung dengan pilihan anda diatas, jika settingnya adalah statitic maka sekarang waktunya set DNS & Gateway Setting, tekan Ok akan tampil seperti gambar berikut ini:


Masukan Primary DNS, Secondary DNS (jika ada) dan gateway dari ISP anda. Selanjutnya tekan Ok!
Pilih Ok untuk ke langkah berikutnya, kemudian adalah setting DHCP server. Jika IPCop ini akan dijadikan DHCP Server maka pilih enable.



Kemudian langkah berikutnya adalah menginput password untuk root, admin dan backup. User root digunakan untuk akses IPCop melalui putty/WinSCP dengan port 222, sedangkan admin untuk mengakses web GUInya. Sedangkan password backup berguna untuk membackup ipcop. Setelah itu instalasi ipcop telah selesai, pc akan booting dan ipcop siap digunakan.

Semoga bermanfaat, berikutnya akan coba saya buat artikel tentang copfilter,url filter yang sangat berguna saat anda menggunakan IPCop.

http://IpAddress:81 untuk akses menggunakan GUI

6 Comments:

You must be a genious. I love your posts, will come back later.

Your post is very interesting. I've read your blog for few days now and I trully enjoy your blog. Thank you for your great work!

Terrific, this information is exactly what I was searching for.

Hi! I ascertained your blog on Google. Its really comprehensive and it helped me a lot. Continue the good work! .

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More