AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Cara Mudah Membuat Toko Online

By. AlgoritmaNews - Apakah anda mempunyai barang dagangan dan ingin menjualnya di Internet? Kalau ya, maka yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah toko online.

Bagaimana membuat toko online? Apakah sulit membuat toko online? Membuat toko online tidak lah sulit karena saat ini banyak beredar software web untuk keperluan toko online , jadi kita tinggal install saja, tidak perlu harus bisa membuat program web atau menggunakan jasa programmer. Kalau saat ini berencana membuat toko online, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Toko Online

  1. Milikilah sebuah account web hosting. Kalau saat ini anda belum mempunyai web hosting, anda bisa mendaftar di SitusProfit.com. Dengan Rp. 50.000 per bulan, anda mendapatkan disk space 1GB, sudah cukup untuk memuat daftar barang beserta gambar-gambarnya.

  2. Di dalam control panel web hosting, sudah tersedia fasilitas installasi script (software web) untuk keperluan toko online, yaitu CubeCart, osCommerce, ZenCart. Silahkan anda menginstall salah satu dari script ini. Proses instalasi sangat cepat dan tidak memerlukan proses upload.

  3. Pada setiap script toko online, ada fasilitas administrasi. Di halaman administrasi anda bisa melakukan konfigurasi toko, termasuk di dalamnya anda bisa menambah/mengubah data barang beserta dengan gambarnya, melihat pesanan yang masuk, melihat laporan, dsb. Silahkan masuk ke halaman administrasi dan menambah data barang dagangan anda.

  4. Jangan lupa untuk melakukan setting pada rekening pembayaran pesanan dan setting pengiriman. Setting pengiriman harus disesuaikan dengan tarif kurir pengiriman barang yang anda pakai. Biasanya tarif pengiriman harus bisa diminta pada perusahaan kurir, misalnya Pos Indonesia, Tiki, TikiJNE, dll.


Kalau anda sudah melakukan empat langkah di atas, maka toko online anda sudah siap menerima pesanan, anda bisa melakukan promosi agar toko anda ramai dikunjungi.

Oya, script yang beredar di Internet saat ini adalah buatan luar negeri, jadi kebanyakan script toko online tidak sepenuhnya mendukung pengiriman bergaya Indonesia (setengah manual). Oleh karena itu anda harus meng-input tarif — pengiriman per kilogram dan per kota — secara manual, kecuali anda memutuskan untuk memberikan biaya pengiriman gratis atau biaya pengiriman flat-rate.

Beberapa script toko online gratisan yang lain yang bisa anda install adalah:

  • Magento

  • PrestaShop

  • phpShop

  • VirtueMart (Joomla)

  • WP-Commerce (WordPress)


Script-script di atas tidak ada di daftar installer Fantastico. Kalau anda mau menggunakan nya silahkan melakukan upload ke server web hosting dan melakukan instalasi sendiri secara manual.

Semoga tulisan ini bermanfaat, kalau ada pertanyaan atau saran silahkan tulis di bagian komentar blog ini.

0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More