AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Kena Imbas Yen, Rupiah Melemah

By. AlgoritmaNews - Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta Kamis pagi tertekan 25 poin ke posisi Rp 8.795 per dollar  dari sebelumnya Rp 8.770.

Managing Research Indosurya Asset Management, Reza Priyambada, di Jakarta, Kamis mengatakan, mata uang Yen yang mencatatkan penguatan memberi imbas negatif pada pergerakan rupiah pada Kamis pagi terhadap dollar AS. "Rupiah kembali bergerak minus terhadap dollar AS, karena rupiah juga terimbas dari menguatnya mata uang yen yang signifikan," kata dia.

Kendati rupiah melemah, tambah dia, pelemahan rupiah masih tertahan oleh fundamental ekonomi nasional yang diespektasikan akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. "Fundamental ekonomi kita masih kuat, hal itu menjadi penahan koreksi rupiah pada pekan ini," kata Reza .      Namun, ia menambahkan, investor juga harus mencermati perkembangan situasi ekonomi di Jepang, karena Jepang merupakan salah satu negara yang mempunyai hubungan erat dengan Indonesia.

Sementara itu , analis pasar uang Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih menambahkan, pasar global masih akan fokus pada seberapa besar bencana radiasi dari bocornya reaktor nuklir di Fukushima dan ekskalasi ketegangan di Bahrain. "Faktor-faktor itu tampaknya membawa sedikit sentimen negatif terhadap pasar Asia hari ini," kata dia.

Tetapi, lanjut dia, mata uang rupiah diperkirakan bergerak masih stabil di kisaran level Rp 8.700-an per dollar AS pada perdagangan hari Kamis.

Ia menambahkan, anjloknya keyakinan atau confidence di bursa Jepang pada dua hari pertama minggu ini membuat BoJ (Bank of Japan) menambah pasokan likuiditas dari rencana semula 428 miliar dolar AS menjadi 700 miliar dollar AS.

"Jumlah ini hanya untuk memperbaiki kepercayaan pasar, belum termasuk biaya rekonstruksi ekonomi di propinsi timur laut Jepang yang mengalami kerusakan parah akibat bencana ini," katanya.

Ia mengatakan, memburuknya bencana akibat bocornya radiasi nuklir membuat eksodus dari Jepang. Intervensi BoJ membuat yen menguat 0,9 persen pada perdagangan pada Rabu.

1 Comments:

I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get bought an edginess over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this increase. 5

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More