AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Gempa Jepang 11 Maret 1.000 Kali Lebih Kuat dari Gempa 1995

By. AlgoritmaNews - Rakyat Jepang mengenal salah satu gempa terdahsyat sepanjang sejarah negeri matahari terbit, yaitu gempa Kobe tahun 1995. Gempa berkekuatan 7,3 SR itu menewaskan sekitar 6.000 penduduk prefektur tersebut maupun wilayah sekitarnya.

Saking kuatnya gempa yang berpusat di darat dengan kedalaman 16 Km, rakyat Jepang menyebutnya Great Hanshin-Awaji Earhquake. Namun, kini Jepang dilanda gempa yang lebih dahsyat lagi, yang terjadi di Prefektur Miyagi, Jepang bagian utara.

Peneliti dari Institut Penelitian Gempa Bumi Tokyo, Satoko Oki, mengatakan, gempa Sendai diperkirakan mendekati 1.000 kali lebih kuat dibandingkan gempa Kobe, 500 km arah selatan Tokyo. Secara magnitute pun, gempa terakhir mempunyai kekuatan 9 SR.

Menurut Satako seperti dikutip dari japantimes.com, gempa disebabkan oleh adanya retakan di antara lempeng pasifik dan Amerika Utara. Retakan di dasar laut itu memicu terjadinya gelombang tsunami setinggi 10 meter yang menyapu kawasan pantai timur Jepang.

"Magnitute 8.8 (kini direvisi menjadi 9) benar-benar sebuah gempa besar. Ini juga merupakan gempa terbesar yang pernah diukur di sekitar Jepang," katanya.

Sekadar informasi, pasca gempa mematikan di Kobe, Jepang mendirikan Disaster Reduction and Human Renovation Institution (DR-HRI). DR-HRI menempati sebuah gedung bertingkat menghadap laut Kobe. Di sebelah kanannya, terdapat gedung Asian Disaster Reduction Center (ADRD), yang beranggotakan 28 negara di Asia.

Didirikan tahun 2002 atau 7 tahun pasca gempa, DRI-HRI memiliki 6 bagian utama. Bagian-bagian itu antara lain museum, pelatihan manajemen penanganan gempa, serta penelitian untuk pengendalian risiko bencana dan pengembangan ahli. DHI-HRI mempekerjakan para korban gempa sebagai karyawan.

16 Tahun berlalu, masyarakat Kobe telah pulih dari rasa traumatis akibat gempa dahsyat tersebut. Gedung-gedung bertingkat sudah banyak berdiri megah di kota pelabuhan tersebut. Infrastruktur dan jaringan transportasi terlihat sangat memadai.

0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More