AlgoritmaNews Adalah Situs Berita Perkembangan Teknologi Terkini Yang Ter Update Setiap Hari | Mulai Dari Berita Teknoligi, Sains, Perbintangan, NASA, Satelit, Tips Trik Mengatasi Masalah Yang Terjadi Pada Prangkat Teknologi dan Masih Banyak Info Menarik Lainya.
Promo Web Hosting 500mb Bw Unlimited Cuma Rp.50rb Untuk 10 Pendaftar Pertama Order disini

Gempa Jepang Membuat Hari Lebih Pendek

By. AlgoritmaNews - Gempa bumi dengan kekuatan 8,9 SR yang mengguncang wilayah timur laut Jepang, Jumat lalu, bukan saja memporak-porandakan Negeri Sakura, tapi juga memperpendek hari di bumi.

Ahli geofisika Richard Gross di NASA menjelaskan, gempa bumi dahsyat di Jepang telah menggeser pusat bumi dan memperpendek waktu di bumi hingga 1,8 mikrodetik. Angka ini didapat berdasarkan data baru tentang bagaimana gempa bumi itu menyebabkan redistribusi massa bumi. Demikian seperti dilaporkan Yahoo News.

"Dengan berubahnya distribusi massa bumi, gempa bumi Jepang bisa jadi mengakibatkan bumi berputar lebih cepat dan memperpendek hari di bumi selama 1,8 mikrodetik," jelas Gross melalui email kepada SPACE.com.

Lama satu hari di bumi adalah 24 jam, atau 86.400 detik. Setiap tahun, durasi itu berubah-ubah sekira satu milidetik atau 1.000 mikrodetik, tergantung pada variasi distribusi massa bumi.

Berdasarkan data awal U.S. Geological Survey, gempa pada Jumat siang telah menggerakkan pulau utama Jepang sekira delapan kaki (243,84 centimeter). Gempa itu juga telah menggeser sumbu bumi sekira 6,5 inci (17 centimeter).

Ini bukan pertama kalinya sebuah gempa bumi besar mengubah durasi hari. Gempa berkekuatan 8,8 SR di Chile tahun lalu juga mempercepat rotasi planet dan memotong 1,26 detik durasi hari di bumi. Sementara, gempa berkekuatan 9,1 SR di Aceh dan Sumatra pada 2004 memperpendek durasi hari hingga 6,8 mikrodetik.

Gross mengingatkan, dampak gempa bumi di Jepang bisa jadi belum sepenuhnya berakhir. Pasalnya, gempa susulan yang lebih kecil juga berpotensi mengubah durasi hari.

"Teorinya, apapun yang mengubah distribusi massa bumi akan mengubah rotasi bumi. Jadi, secara prinsip, gempa-gempa susulan yang lebih kecil juga berdampak pada rotasi bumi. Tapi, karena kekuatan gempa ini lebih kecil, efek yang ditimbulkan juga lebih kecil," tutup Gross.

0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Loading..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More